• Lokasi di Cilegon
  • Lokasi Padarincang
  • Lokasi di Vila Padarincang

Selasa, 12 Januari 2016

SOAL DAN JAWABAN QUIS PTI

1. Peranan teknologi  terkait bidang pendidikan dan Contohnya
Peranan Teknologi dalam bidang pendidikan sangat penting sekali dan tidak dapat dihindarkan lagi, teknologi merupakan upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, unggul, dan kompetitif. Peranan teknologi juga Untuk mengatasi permasalahan rendahnya kualitas dan efektifitas pendidikan di Negara indonesia, salah satu alternatif yang dapat di lakukan yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Kenapa dipilih teknologi informasi untuk mengatasi permasalahan kualitas pendidikan ? Hal ini didasarkan pada fakta yang terjadi di Negara-negara maju bahwa pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pendidikan terbukti mampu menunjang peningkatan kualitas pendidikan.
Contoh peranan Teknologi dalam dunia Pendidikan Misalnya tidak mungkin lagi mengecek jumlah siswa yang hadir mengikuti pelajaran dari tahun ke tahun hanya dengan catatan di buku tahunan saja, demikian juga hasil nilai siswa yang diperoleh selama mengkuti pendidikan hanya mengandalkan buku nilai guru, leger sekolah atau buku induk sekolah , begitu pula pekerjaan sederhana apapun pekerjaan akan menjadi lebih efisien jika menggunakan computer.

2.  Apa yang anda lakukan untuk mengenalkan teknologi pada masyarakat

Untuk menganalkan teknologi pada masyarakat hal yang harus di lakukan yaitu kita harus memberi penjelasan dulu kepada masyarakat tentang Apa itu teknologi, Peran teknologi dan dampak positif dan negatif terhadap penggunaan teknologi, setelah itu baru kita memperkenalkan alat-alat teknologi dan berusahan dengan memberi penjelasan secara mudah agar masyarat dapat cepat mengerti cara ini bisa di lakukan dengan mengadakan pelatihan kepada masyarkat

3. teknologi apa saja yang harus di perkenalkan dalam sektor  pertanian

Beberapa contoh alat pertanian adalah sprayer tipe gendong dan alat penanam benih padi (transplanter). Sedangkan contoh mesin adalah traktor roda dua, mesin penggiling, dan mesin pemanen padi.
Traktor roda dua
Traktor roda-2 merupakan alat pengolah tanah utama saat ini. Hal ini mengingat ternak kerja sudah sangat berkurang. Sekarang memelihara ternak kerbau/sapi untuk digemukkan ataupun diperah susunya. Traktor roda-2 ini digunakan untuk mengolah tanah sehingga siap untuk ditanami.

Mesin Penggiling padi
Mesin ini berfungsi untuk mengupas kulit gabah, sesuai varietas padi yang di tanam di Indonesia. Mesin ini menggantikan lesung sebagai alat penggiling gabah.
Konstruksinya kokoh dan tahan terhadap beban yang berubah-ubah (Fluktuatif)
Bentuknya sederhana, sehingga pengoperasian & perawatannya mudah.
Bodi mesin ini dilengkapi blower yang berfungsi untuk memisahkan sekam ataupun kotoran yang sejenis, sehingga menjamin kebersihan beras pecah kulit.
Sangat cocok dipakai untuk penggilingan padi yang berskala kecil, menengah maupun besar.

Mesin pemanen padi
Mesin panen padi ini berfungsi untuk memanen padi di sawah, otomatis memotong, mengikat menjadi rumpun padi dan melepaskan ke samping sehingga tidak mengganggu kerja operator. Akan tetapi, mesin ini tidak terealisasi dengan baik karena para petani di indonesia tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk menggunakannya. Dan jika dilihat dari segi financial, belum tentu petani mendapatkan keuntungan yang sepadan dengan biaya pembelian alat tersebut. Selain itu,dengan adanya mesin tersebut otomatis mengurangi jumlah pekerja untuk memanen padi,sehingga tingkat pengangguran di Indonesia semakin banyak. Terkadang hal ini juga bertolak belakang dengan kearifan budaya lokal setempat yang lebih menjunjung tinggi rasa persaudaraan dan solidaritas. 

Mesin Perontok  PadiMesin perontok padi ini berfungsi untuk merontokkan butir-butir padi dari tangkainya. Alat ini sebenarnya sangat efisien karena rontokan bitur-butir padi terkumpul pada suatu wadah sehingga butir-butir padi yang terbawa angin lebih sedikit. Selain itu tenaga untuk merontokkan padi relatif lebih sedikit hal ini bertolak belakang dengan budaya lokal yang masih memikirkan nasib orang-orang dilingkungan sekitarnya yang masih membutuhkan penghidupan dari hasil menjadi buruh perontok padi. 

4.  Gambar alur proses teknologi pada bidang industri terkait peningkatan mutu 



Gambar 2. Contoh Alur Proses Produksi Produk Hayati Skala Industri

5. indikator apa saja yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pemanfaatan teknologi 

Berbagai indikator yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam pemanfaatan teknologi antara lain: pelanggaran hak cipta, berbagai jenis kejahatan yang menggunakan fasilitas internet, penyebaran virus komputer, berbagai jenis tindak kriminal (pornografi, perjudian, penipuan, dan tayangan kekerasan).

0 komentar:

Posting Komentar